Logo Indonesia

Carilah Teman Akrab

Penulis: Admin KARIB Sahabat Ummat | Topik: Rumah Qur'an | Status: Publish | Tanggal: 20-01-2021 14:07

Carilah Teman Akrab

Menghafal Al Qur'an merupakan sebuah perjalanan yang panjang. Kita tidak bisa menempuhnya hanya dalam waktu 1 atau 2 tahun. Memang, kita bisa saja menyelesaikan seluruh setoran 30 juz, dengan izin Allah, dalam waktu tertentu seperti 1-2 tahun. Namun, proses penjagaan hafalan memerlukan waktu seumur hidup. 

Maka, tidak mungkin seorang penghafal Quran memperjuangkan hafalannya seorang diri. Tidak bisa sendirian, dalam perjuangan ini. Butuh teman, sahabat, rekan, yang akan menemani perjalanan kita sepanjang hayat. 

Mungkin ada di antara kita yang "sok kuat" merasa bisa menghafal sendiri, murojaah sendiri, semuanya bisa dilakukan mandiri. Ya, mungkin ada. Tapi ketahuilah bahwa jiwa manusia ini begitu lemah. Sangat mudah iman goyah, semangat menipis, bahkan tekad bisa tiba-tiba habis tak bersisa lagi. Sehingga keinginan untuk menghafal Al Quran lenyap sama sekali. Semuanya bisa terjadi, jika kita mengandalkan diri sendiri, dan tidak mencari rekan, teman, lingkungan yang membantu kita mewujudkan cita-cita tersebut. 

Seorang penghafal Al Quran harus memiliki teman akrab sepanjang perjuangannya itu. Teman bisa memotivasi kita untuk meraih hafalan yang lebih baik lagi, dengan melihat usaha teman kita menghafal Al Quran. Teman akan bisa menjadi rekan murojaah atau mempersiapkan hafalan yang akan disetorkan, tanpa merasa canggung atau rasa takut mengganggu, sebab kita sama-sama memiliki kepentingan yang sama. Teman akan menjadi tempat berbagi, saat tiba-tiba kita merasa lelah menghafal, mengeluhkan hafalan yang tak kunjung lancar, atau merasa putus asa dan ingin berhenti saja. Teman akan menjaga selalu stamina kita sepanjang menghafal Al Quran, sebab setiap apa yang dilakukannya akan membuat kita kembali ingat Al Quran, lagi dan lagi. 

Carilah teman akrab dalam perjuangan menghafal Al Quran. Kebaikannya tidak hanya akan didapat di dunia, melainkan kelak di surga. Bukankah Allah, di akhirat, memisahkan 2 orang yang bersahabat di dunia, kecuali yang dibangun dengannya landasan taqwa? Bukankah Allah memberikan naungan kepada 2 orang yang saling bertemu karena Allah; dan kita bertemu karena kitabullah yang mulia? Bukankah Allah memberikan kebaikan bagi 2 orang yang saling mencintai karena Allah, yang menjadikan Al Quran sebagai alasan cinta dan interaksinya selama di dunia?

Ya, carilah teman akrab, yang akan membersamai perjuanganmu dengan Al Quran, menuju ridho Allah Subhanahu wa ta'ala. 

@adhwafannada

Rumah Quran Al Buruj

Donasi